logoutama

Informasi | Berita



user

Semarak Idul Adha dengan Memungut Memilah dan Memanfaatkan Sampah


BANDUNG, asrama.itb.ac.id – Gerakan Pungut dan Memilah Sampah (GPMS) dilaksanakan pada hari Minggu (11/08/2019) bertepatan setelah Salat Idul Adha 1440H di Lapangan Basket dan Boulevard ITB oleh tutor maupun penghuni Asrama ITB 2019/2020 baik dari Kidang Pananjung, Sangkuriang, ataupun Kanayakan. GPMS dilakukan atas dasar untuk mewujudkan program pilah sampah yang ditanamkan kepada penghuni Asrama ITB.

Menurut Fither Briano Seno Broto, selaku Asisten Bidang Kesehatan dan Lingkungan Asrama ITB, “Awal dari GPMS adalah keinginan untuk terciptanya lingkungan bersih dan nyaman di Asrama ITB. Namun, seiring berjalannya waktu, GPMS sendiri memiliki nilai-nilai pembinaan penting bagi penghuni Asrama ITB, yaitu untuk mencintai dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, lahirlah GPMS, kegiatan pembinaan di Asrama ITB yang membudayakan pemilahan sampah untuk menjaga kebersihan sekaligus melestarikan lingkungan sekitar”.

Total dari peserta yang mengikuti gerakan GPMS ini pasca menunaikan salat, berjumlah lebih dari seratus peserta. GPMS dilakukan dengan pembagian lokasi pemungutan yakni di Lapangan Basket oleh tutor dan penghuni Asrama Kidang Pananjung. Lalu di Boulevard dan Lapangan Cinta yang dilakukan oleh tutor dan penghuni dari Asrama Sangkuriang serta Kanayakan.

Adapun sampah yamg dipilah pada gerakan ini dibagi menjadi tiga bagian yakni sampah kertas, plastik, dan sampah lainnya. Sebagian besar sampah pada kegiatan kali ini ialah sampah kertas koran yang dibuang dari bekas alas untuk melakukan sholat Idul Adha. Menurut Fither, kegiatan GPMS kali ini berhasil memberikan manfaat bagi banyak orang. Diantaranya, lapangan yang digunakan seusai salat dapat bersih tanpa sampah. Kemudian, banyaknya sampah kertas yamg terkumpul memiliki nilai jual sehingga memberikan manfaat tersendiri kepada pengepul sampah yang juga hadir saat itu. Diluhat lebih lanjut, kegiatan ini menunjang proses reduksi pada sampah yamg ada hingga nantinya dapat disaur ulang.

Inti tujuan dari GPMS ini adalah dalam membentuk jiwa sadar diri terhadap sampah di lingkungan sekitar dan dapat membantu menebar manfaat kepada lingkungan. “Yang diharapkan dari GPMS ialah penghuni Asrama ITB terbiasa untuk menerapkan Pungut Pilah Dan Manfaatkan Sampah di manapun dan kapanpun, meskipun mereka telah pergi meninggalkan Asrama ITB suatu saat nanti”, Tutup Fither saat diwawancarai Tim Kreatif Asrama ITB.

--Mochammad Ronny Ardianto



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0