logoutama

Informasi | Berita



user

UPT Asrama ITB Menerima 1180 Penghuni Baru


Bandung, asrama.itb.ac.id - Unit Pelaksana Teknis Asrama Institut Teknologi Bandung telah menyelenggarakan pendaftaran ulang asrama bagi penghuni baru Asrama ITB periode tinggal 2019/2020 selama tujuh hari, mulai dari tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2019. Mahasiswa baru yang mendaftar dinyatakan resmi sebagai penghuni setelah melakukan pendaftaran ulang di asrama masing-masing.

 

Menurut Mohamad Afri, selaku Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Asrama ITB, para pendaftar terdiri dari mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung, terutama yang mengajukan diri sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Walaupun demikian, mahasiswa yang tidak mengajukan beasiswa bidikmisi juga diberi kesempatan untuk dapat tinggal di asrama. "Terdapat beberapa perbedaan antara daftar ulang tahun ini dengan tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut dalam hal sistem pendaftaran, alokasi kamar dan pembayaran," ungkap Afri.  Selanjutnya, ia juga menjelaskan, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini terdapat dua kali pendaftaran ulang. Daftar ulang yang pertama hanya diikuti oleh calon penghuni yang dinyatakan lulus pada pendaftaran asrama batch pertama. Daftar ulang tersebut dilaksanakan secara online pada tanggal 17-21 Juli 2019 sekaligus pembayaran jaminan asrama. Daftar ulang yang kedua dilakukan secara langsung di asrama masing-masing pada 27 Juli hingga 2 Agustus 2019. Terdapat 4 tahapan dalam daftar ulang. Tahap pertama dilakukan pengecekan kelengkapan berkas penghuni. Kemudian dilakukan verifikasi pembayaran apabila calon penghuni telah membayar jaminan asrama maupun melunasi pembayaran sewa asrama. Tahap selanjutnya yaitu alokasi kamar. Setelah pengalokasian kamar, calon penghuni mendapatkan kunci kamar dan dapat menempatkan barang-barang untuk tinggal di asrama.

 

Sistem yang berbeda dari tahun lalu juga diterapkan di Asrama Jatinangor. Setiawan selaku ketua pelaksana PMB Asrama Jatinangor mengungkapkan di Asrama Jatinagor, diadakan sosialisasi peraturan asrama sebagai salah satu rangkaian daftar ulang yang bersifat wajib bagi calon penghuni. Sosialisasi berlangsung pukul 09.00 – 11.00 WIB di Ruang 9567 GKU (Gedung Kuliah Umum) 2 Kampus ITB Jatinangor. Sosialisasi ini diselengggarakan pada hari yang sama dengan daftar ulang yaitu 27 Juli hingga 2 Agustus 2019. "Keberjalan daftar ulang sudah baik, tetapi karena sistem yang berbeda masih terdapat hal yang perlu dievaluasi secara teknis. Namun hal tersebut masih dapat diatasi", tambahnya.

 

Di tahun 2019 ini, untuk pertama kalinya UPT Asrama ITB mewajibkan pembayaran jaminan asrama bagi calon penghuni yang dinyatakan diterima pada pendaftaran online asrama batch 1. Besarnya biaya jaminan yang harus dibayarkan minimal Rp 300.000,-. Calon penghuni yang tidak membayar biaya jaminan asrama pada tenggat waktu yang telah ditentukan yaitu 17-21 Juli 2019 dinyatakan mengundurkan diri tetapi bisa mendaftar lagi di batch 2.

 

Secara rinci, penghuni asrama ITB terdiri dari mahasiswa calon penerima beasiswa bidikmisi (khusus TPB), mahasiswa afirmasi, mahasiswa internasional, dan juga mahasiswa non-bidikmisi. “Selamat datang di Asrama ITB, selamat menikmati indahnya perjuangan”, tutup Afri.


--Chikmah



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0