logoutama

Informasi | Berita



user

Ditempa oleh TNI, Tutor Baru Asrama ITB Jatuh Bangun Melatih Kepribadian Diri


BANDUNG, asrama.itb.ac.id – UPT Asrama Institut Teknologi Bandung kembali menggelar pelatihan kepemimpinan dan bela negara kepada tutor angkatan 2018 dalam kegiatan Leadership Bootcamp Tutor Asrama ITB yang diadakan pada Kamis-Minggu, 25-28 Juli 2019 di Secaba Rindam III/Siliwangi, Bandung. Leadership Bootcamp ini diikuti oleh 58 peserta, yang terdiri dari tutor Asrama Sangkuriang, Kidang Pananjung, Kanayakan, dan Jatinangor.

Sebelum pelaksanaan Leadership Bootcam, para peserta dikumpulkan di Asrama Sangkuriang pada Kamis malam, 24 Juli 2019 untuk melakukan cek spek. Keesokan harinya (25/7) pukul 05.30 WIB, peserta bersiap mengikuti apel keberangkatan di Lapangan Cinta ITB yang dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Agung Wiyono, M. Eng., Bapak Dr. Yuli Setyo Indartono, dan beberapa asisten Asrama ITB.

Sesampainya di lokasi pelatihan, peserta dibekali berbagai materi mengenai kepemimpinan dan bela negara. Diantaranya materi tentang Mengenali Diri, Definisi Sukses, dan Pengabdian dari Asrama untuk Indonesia oleh Bapak Dr. Ir. Agung Wiyono, M. Eng., Wawasan Bela Negara oleh Bapak Danrindam III/Siliwangi, Dasar-Dasar Organisasi oleh Arsyad Bakhtiar, S.T., Prosedur Hubungan dalam Organisasi oleh Yanti Mulyanti, S.Si., Team Based Talent oleh Novitasari, S.Si., dan yang terakhir Service Excellence oleh Khairul  Hadi Burhan, S.T., M.T., dan Setianingsih S. Si. Selain materi dalam ruangan, peserta juga dibekali materi lapangan berupa mountaineering yang langsung dipraktikkan di lapangan, seperti snapling, naik togel, turun hesti, dan jembatan tiga tali. Juga, peserta diberikan materi tentang Navigasi Darat oleh pelatih berupa mpenggunaan kompas dan teknik membaca peta.

Sabtu malam (27/7) peserta mengikuti caraka malam, tujuannya untuk menguji kekuatan mental. Di kegiatan ini sendiri dibagi menjadi tiga pos, yaitu pos pertama untuk menguji wawasan kebangsaan, pos kedua untuk menguji mental dan keberanian, dan pos ketiga untuk menguji ketajaman penciuman serta perabaan. Hari terkahir, peserta melakukan pembersihan, mulai dari barang pribadi, barak bagian dalam dan luar, dan kamar mandi. Ditutup dengan pemberian materi tentang DISC dan 16 personality oleh Yanti Mulyanti, S.Si. dan diakhiri dengan apel penutupan.

Selama pelatihan, para tutor dibagi menjadi 4 pleton berbeda guna membangun kekompakan antartutor. Kegiatan ini sendiri bertujuan membentuk karakter peserta untuk disiplin, peduli, dan bertanggungjawab. Selain itu juga menumbuhkan jiwa korsa dari tutor baru Asrama ITB.

- Dewi Mawaddatus Sholekhah -



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0