logoutama

Informasi | Berita



user

Pekan Pengenalan Asrama, Keseruan Menyambut Penghuni Baru dan Masa Depan Asrama


BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Pekan Pengenalan Asrama (PPA) ITB adalah salah satu kegiatan di Asrama ITB  yang memperkenalkan lingkungan asrama kepada penghuni. Kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses pada Sabtu, 19 Agustus 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di empat tempat yang berbeda yaitu, Asrama Kidang Pananjung, Asrama Sangkuriang, Asrama Kanayakan, dan Asrama Jatinangor.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Koordinator Umum Asrama ITB baik di Ganesha maupun Jatinangor, sambutan Koordinator Seluruh Asrama ITB, pengenalan tutor dan asisten asrama.

Selain pengenalan akan tutor dan asisten, terdapat juga pengenalan terkait budaya asrama, aturan asrama, dan pengenalan pegawai. Hal ini dimaksudkan agar dapat menciptakan lingkungan Asrama ITB yang kondusif, aman, dan nyaman bagi seluruh penghuni asrama.

Pengenalan budaya asrama memiliki urgensi yang sangat penting mengingat penghuni Asrama ITB berasal dari berbagai daerah yang memiliki beragam budaya. Dengan memperkenalkan budaya asrama, diharapkan membuat penghuni Asrama ITB dapat menghargai prinsip serta nilai yang dipegang di Asrama ITB.

Pengenalan aturan asrama memiliki urgensi untuk mengendalikan perilaku penghuni Asrama ITB dan menciptakan situasi aman di lingkungan asrama. Perlu diketahui, gaya hidup dari setiap masyarakat asrama ITB tentu berbeda-beda. Ada orang yang sangat bebas hingga yang diam dan duduk manis saja di kamar sendiri. Aturan asrama akan mengendalikan semua penghuni agar tidak berlaku seenaknya di lingkungan asrama.

Namun, jika aturan asrama dirasa masih kurang dan tetap terjadi pelanggaran yang membuat situasi asrama tidak nyaman, tenang saja! Masih ada form pelaporan yang akan membuat otoritas berwenang di asrama untuk menindak dengan tegas pelanggar aturan asrama. Mengingat setiap penghuni, telah melakukan tanda tangan di atas materai untuk patuh pada aturan asrama dan dapat ditindak melalui jalur yang seharusnya.

Selain itu, agar kegiatan semakin seru, setiap asrama memiliki caranya masing-masing. Mulai dari Asrama Kidang Pananjung yang mengadakan makan bersama dan selingan cerita-cerita unik mengenai pelanggaran yang terjadi di asrama pada periode sebelumnya, sekaligus mengingat dan mengenang masa lalu.

Di Asrama Kanayakan sendiri, dilaksanakan ice breaking berupa kegiatan saling memijat rekan yang duduk di depannya. Selain itu diadakan pula acara makan bersama, acara pesta piyama, dan membuat video tiktok bersama.

Di Asrama Jatinangor, diadakan ice breaking yang berbeda yaitu, permainan yang menguji fokus dan joget India. Selain itu, ada pula games pos to pos berupa permainan mencari sticker dan permainan tebak password sebelum diberikan tugas yang harus dilaksanakan.

Terakhir, di Asrama Sangkuriang quiz PPA dilakukan dengan permainan true or false yang dilakukan secara berkelompok. Selain itu, diadakan pula permainan estafet sarung dan juga makan bersama.

“Menurut saya, PPA telah berlangsung dengan baik karena telah menyampaikan tujuan acara, yaitu mengenai perihal-perihal seputar asrama yang perlu diketahui oleh penghuni, serta telah membuat acara makan bersama untuk menjalin kebersamaan dengan sederhana. Sebagai penghuni asrama, untuk kedepannya saya berharap dapat hidup dengan aman dan nyaman serta berdampingan dengan sesama penghuni di asrama sebagai satu keluarga besar”, ungkap salah satu penghuni Asrama Kidang Pananjung, Duke Ariqoh.

Dengan adanya kegiatan PPA, diharapkan penghuni asrama dapat menjaga lingkungan asrama agar selalu kondusif, nyaman, aman, dan bersih. Selain itu, PPA diadakan agar penghuni asrama dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan asrama dan mengenal pihak yang berwenang di asrama.

 

Reporter : Matthew Waraney Somahe Pasoreh (Fisika 2022).



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0