logoutama

Informasi | Berita



user

Mengupas Tips 'How To Make Better Social Life' di PT Februari


Bandung, asrama.itb.ac.id. Teknologi sedang berkembang dengan pesat saat ini. Dunia maya sering kali menjadi tempat terdekat untuk kita dibandingkan dunia nyata. Kemudian, ditambah situasi yang terjadi pada 2019 hingga 2020 mengharuskan kita untuk membatasi pergaulan kita. Semuanya seakan-akan mengarahkan kita untuk menghindari dunia sosial yang sesungguhnya. 

Asrama ITB menggelar PT (Pembinaan Terpusat) Februari pada Sabtu (25/02/2022) di Auditorium GKU 2 Kampus ITB Jatinangor. Acara utama PT kali ini berupa seminar yang berjudul “How to Make Better Social Life” dengan Adam A. Abednego selaku pembicara. Beliau merupakan co-founder dari Podcast ‘Menjadi Manusia’. Adam mengerti bahwa saat ini anak muda ditekan oleh kecemasan baik itu pertemanan maupun kesuksesan. Ternyata, pengalaman tersebut pernah ia rasakan. Kemudian, ia membuka dengan menceritakan pengalamannya ketika di perkuliahan lalu. 

“Saat pertama kali merantau, saya mengalami banyak culture shock, satu sampai dua tahun saya merasa kesepian di kuliah dan malu untuk bertemu orang lain. Namun, di saat itulah saya merasa ada suatu kesalahan, saya banyak belajar untuk lebih memahami diri sendiri. Saya berusaha membuktikan bahwa introvert juga bisa berbicara pada orang lain,” ungkap Adam.

Berangkat dari latar belakang kejadian tersebut, Adam mengatakan bahwa setiap orang harus lebih memahami dirinya sendiri. Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mencapai self-awareness. Pertama, acknowledge, yaitu mengidentifikasi pola yang akan dilakukan dengan bertanya dan evaluasi. Kedua, connect yang dilakukan dengan bersosialisasi. Namun, Adam menekankan bahwa tidak seharusnya membandingkan diri ketika bersosialisasi karena itu akan menjadi death of joy. Ketiga, develop yang berarti kita harus terus mengembangkan diri kita untuk lebih baik lagi, bukan lebih baik dari orang lain. 

“Di ajaran saya, ada 6 hari penciptaan. Ada satu hal yang mau Tuhan sampaikan, segala sesuatu itu butuh proses. Kita kadang sebagai manusia ingin cepat mencapai sesuatu. Harapannya ketika teman merasakan hal yang baik atau tidak baik tetap ingat semua itu butuh proses,” tutup Adam.

Penulis : Yohana Aprilianna, PWK’21. PJ Media Komunikasi dan Informasi



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0