logoutama

Informasi | Berita



user

Menyambut Penghuni Baru, Asrama ITB Meningkatkan Pengelolaan Sanitasi


Bandung, asrama.itb.ac.id – Sanitasi menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolaan bangunan dan gedung. Kerap kali masalah sanitasi menjadi bagian terbelakang dalam prioritas pengelolaan. Namun, berbeda dengan Asrama ITB yang sangat memperhatikan sanitasi, antara lain kebutuhan air bersih, MCK (mandi, cuci, kakus), septic tank, dan hal lainnya. Tak terkecuali pengelolaan lumpur tinja yang senantiasa disedot dalam kurun waktu tertentu.

Dalam rangka menyambut penghuni baru, Asrama ITB melakukan beberapa pekerjaan dalam hal peningkatan kualitas sanitasi di seluruh asrama. Rabu (6/10) dilakukan penyedotan lumpur tinja di seluruh bak penampungan (septic tank) yang terdapat di Asrama Kidang Pananjung. “Benar, sleuruh bak penampungan akan disedot untuk memperbarui kapasitas daya tamping di bak penampungan tinjanya”, ungkap Triyatno, petugas lapangan di Asrama Kidang Pananjung.

Asrama ITB bekerja sama dengan PDAM Tirta Wening sebagai pihak yang membantu proses penyedotan tinja di seluruh asrama. “Kemarin (5/10) kami sudah melakukan penyedotan di Asrama Sangkuriang, cukup menguras waktu dan tenaga karena volume yang cukup besar. Hari ini di Asrama Kidang Pananjung tidak terlalu besar volumenya. Rencananya besok akan lanjut ke Asrama Kanayakan”, pungkas salah seorang petugas dari Tirta Wening.

Peningkatan kualitas pengelolaan sanitasi ini bertujuan selain untuk pengosongan bak penampungan, juga untuk perawatan septic tank itu sendiri. Triyatno menambahkan bahwa kegiatan seperti ini baiknya rutin dilakukan, dikarenakan selain untuk memeriksa dan merawat fasilitas sarana prasarana yang ada, juga sebagai upaya perbaikan kualitas lingkungan dan juga air tanah agar tidak tercemari oleh limbah.

 

Ditulis oleh: M. Arif Mappe Amir – Asisten Asrama ITB



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0