logoutama

Informasi | Berita



user

Mengenal Asrama ITB dan Berbagi Semangat Berprestasi di PPKM ITB


Bandung, asrama.itb.ac.id – Program Pengembangan Karakter dan Motivasi Institut Teknologi Bandung (PPKM ITB) 2021 hari kedua diselenggrakan pada hari Minggu (19/9). Acara ini diisi dengan Webinar berjudul “Pengenalan Kebijakan, Program, dan Kegiatan Asrama ITB” serta Talkshow. Seperti PPKM ITB hari pertama, acara dipandu oleh Noer Sela Rahman Faza (FT’19) dan Afina Naufal Nur Islami (BM’20) serta dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Direktorat Kemahasiswaan ITB.

Sesi pertama diisi dengan Webinar “Pengenalan Kebijakan, Program, dan Kegiatan Asrama ITB” yang diisi oleh Naufal Hanif Ramadhan (TA’18) selaku Koordinator Umum Asrama ITB Ganesha. Mahasiswa yang kerap dipanggil Hanif ini memulai materinya dengan memperkenalkan profil Asrama ITB sekaligus letak tiap asrama di peta. Asrama ITB memiliki 5 asrama, yaitu Asrama Sangkuriang, Asrama Kidang Pananjung, Asrama Kanayakan, Asrama Jatinangor, dan Asrama Internasional.

Asrama ITB memiliki nilai-nilai yang tertuang dalam “Asrama Dalam Hikmah”. “Ini adalah salah satu cara untuk kita bisa berkembang dan memaknai asrama ITB ini, bukan hanya sebagai tempat tinggal, tetapi sebagai rumah,” ujar Hanif.

Asrama ITB menjadi wadah membina diri bagi para mahasiswa dalam konsep Living and Learning Community yang memiliki empat budaya, yaitu : berbaik sangka, senyum, dan bekerja sama, dan musyawarah ; disiplin waktu dan antre ; memungut, memilah, dan memanfaatkan sampah ;serta hemat dan konservasi air serta energi.

Pada tahun 2014-2020 Asrama ITB dikelola oleh UPT Asrama ITB baik dalam sarana prasarana serta pembinaan. Namun, sejak tahun 2020 sampai saat ini Asrama ITB dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB untuk pembinaan dan Direktorat Sarana dan Prasarana ITB untuk fasilitas asrama.

Dalam melaksanakan fungsi pembinaan, Asrama ITB memiliki beberapa acara yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Acara tersebut seperti PPKM ITB, Pembinaan Terpusat (PT), Konseling, Turnamen Asrama, Mentoring Kabinet, hingga Tutorial Akademik.

Setelah penjelasan dari Hanif, acara dilanjutkan ke sesi talkshow yang dipandu oleh moderator Muhammad Zakik Abidin (SI’18). Sesi ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Erlin Beliyana, S.Si., Mahasiswa S-3 Earth Science ITB dan Muhammad Firman Nuruddin (OS’18). Kedua pembicara berprestasi ini memulai sesi talkshow dengan menceritakan pengalaman dan lika-liku yang mereka hadapi saat proses menjadi Mahasiswa ITB hingga pengalaman selama berkuliah di ITB.

Bagi Firman, setiap proses perkuliahan itu sangat berkesan. Baik saat TPB, pembinaan asrama, dan saat di jurusan. Sedangkan menurut Erlin, banyak ilmu yang tidak kita sadari sebelumnya akhirnya bisa kita dapat saat berkuliah di ITB. Sesi ini berlangsung hingga sesi tanya jawab dengan peserta PPKM ITB. Tak terasa acara PPKM ITB hari kedua ini hampir usai. Antusiasme peserta terhadap cerita kedua mahasiswa yang penuh dengan prestasi ini membuat waktu berjalan terasa lebih cepat.

Sebelum mengakhiri acara, ada sesi penyerahan cinderamata virtual kepada para pembicara dan moderator. Cinderamata virtual ini diserahkan oleh Nenden Rina Ratnakomala, S.T., M.T., selaku Kasubdit Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Ditmawa ITB.

Acara PPKM ITB hari kedua ditutup oleh MC setelah sesi dokumentasi selesai dilakukan. Acara ini akan kembali dilaksanakan pada hari Minggu (26/9/2021) dalam acara PPKM ITB Hari Ketiga.

 

Ditulis oleh: Kevin Agriva Ginting - PJ Komunikasi dan Informasi Tutor Asrama ITB



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0