logoutama

Informasi | Berita



user

Nyoman Anjani Ajak Mahasiswa Berperan sebagai Transformator Perubahan


Bandung, asrama.itb.ac.id – Asrama Institut Teknologi Bandung kembali menggelar program Pembinaan Terpusat pada Minggu (18/04) dengan acara seminar atau yang lebih dikenal dengan webinar. Bulan Februari lalu, Asrama ITB turut mengadakan Pembinaan Terpusat dengan acara utama berupa talkshow oleh dua orang pembicara, namun kali ini hanya diisi oleh satu orang pembicara yaitu Nyoman Anjani, S.T., M.S. Ia merupakan alumni Teknik Mesin ITB angkatan 2009 dan juga lulusan dari program pasca sarjana (S2) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada awal 2021. Pembinaan Terpusat April kali ini mengusung tema “Mahasiswa sebagai Transformator Perubahan” yang diikuti lebih dari 400 orang peserta.

Acara Pembinaan Terpusat (PT) April 2021 merupakan kegiatan pembinaan terpusat terakhir yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemahasiswaan untuk mahasiswa KIP-K dan Afirmasi TPB ITB angkatan 2020. Walau demikian, pada acara kali ini juga dibuka untuk umum karena Ditmawa melihat animo yang cukup tinggi dari mahasiswa untuk mengikutinya. Nenden Rina Ratnakomala, S.T., M.T selaku Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Direktorat Kemahasiswaan serta Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. selaku Direktur Kemahasiswaan tetap memberikan beberapa pesan dan nilai yang mendasar. Menurut Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., kegiatan pengembangan karakter layaknya Pembinaan Terpusat ini merupakan kegiatan yang dapat mengembangkan nilai inisiatif dan influence serta dapat membangun kemampuan untuk menjadi katalisator perubahan.

Dalam kesempatan memberikan sambutan ini, Kepala Ditmawa ITB turut menyampaikan pesan yaitu ITB memiliki karakter dan kualifikasi yang tinggi dalam bidangnya sehingga memiliki kecenderungan untuk menjadi impulsif. Hal ini perlu dilunakkan agar tidak bermasalah kedepannya. Dibutuhkan hal untuk mengecilkan entropi budaya dalam bermasyarakat. Serta motto dari ITB yaitu In Harmonia Progressio yang memiliki nilai untuk maju dengan tetap harmonis. PT disini membantu mahasiswa KIPK Afirmasi dalam mengembangkan inisiatif, influence dan membangun kemampuan untuk menjadi katalis perubahan dan mahasiswa itb diharapkan mampu mengembangkan karakternya dan bisa berkontribusi pada diri sendiri, keluarga, kampus, dan bangsa negara.

Dalam talkshow inspiratif ini, Nyoman Anjani, S.T., M.S. yang juga merupakan Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2013, membagikan pengalamannya sebelum menjabat posisi itu. Pendiri Pelita Muda (re: salah satu UKM di ITB), berkata bahwa  kepeloporan itu adalah kondisi dimana kita bisa membuat sesuatu yang auntetik, unik/genuine dan berawal dari kata ‘why’ atau penyebab kita bertindak dari masalah yang kita rasakan.

Ia juga berpesan bahwa untuk mengeksekusi suatu hal dengan baik, harus memiliki tim yang balance, tim yang saling melengkapi satu sama lain, serta kemampuan untuk meng-encourage teman-teman yang memiliki skill yang dibutuhkan untuk mengeksekusi kebutuhan organisasi. Kemudian tentang tiga nilai yang menjadi poin pembinaan PT kali ini, Pendiri Pelita Muda ini juga berkata bahwa anak ITB harus dekat dengan masyarakat karena pada umumnya mahasiswa ITB hanya mampu mengkaji isu saja, namun tidak dapat menerapkannya di masyarakat. Sebagai penutup, Ia juga mengatakan bahwa seorang pemimpin yang baik adalah memiliki kemampuan untuk membaca kemampuan orang agar bisa menempatkan orang tersebut pada posisi yang tepat sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Setelah talkshow inspiratif dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan konseling berkelompok bagi mahasiswa baru penerima KIP-K. Pembinaan Terpusat April juga turut memberikan apresiasi kepada para pemenang pre-event yang dimenangkan oleh tiga orang. Acara ini kemudian ditutup dengan pengumuman terkait pendaftaran Tutor Asrama ITB periode 2021/2022.

 ____________________

Penulis : Rahmat Pujiatno - Tim Komunikasi dan Informasi Tutor Asrama ITB



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0