logoutama

Informasi | Berita



user

Studi Banding Asrama UPI x Asrama ITB : Ajang Berbagi dan Internalisasi Antarpengurus Asrama


Bandung, asrama.itb.ac.id - Sabtu (04/11/2023), Asrama ITB menerima kunjungan studi banding dari Pengurus Asrama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan dilaksanakan di salah satu Asrama ITB Kampus Ganesha, Asrama Sangkuriang. Kegiatan studi banding ini menjadi wadah para pengurus antarasrama untuk saling berbagi dan belajar mengenai pengelolaan kegiatan asrama. Tutor, sebutan untuk penyelenggara kegiatan pembinaan Asrama ITB, serta Pengurus, sebutan untuk  penyelenggara kegiatan pembinaan Asrama UPI adalah ujung tombak penyelenggaraan kegiatan asrama, mulai dari perancangan hingga pelaksanaan program.

 

Kegiatan inti dimulai dengan pemaparan divisi kepengurusan masing masing asrama.  Selanjutnya, dilaksanakan sesi focus group discussion (FGD). Pengurus masing-masing asrama dikelompokkan berdasarkan bidangnya, seperti kelompok bidang media komunikasi dan informasi, kelompok pengurus ring 1 dan bidang kesejenan, dan sebagainya. Setiap kelompok diberikan kasus terkait bidang kerjanya untuk didiskusikan bersama. Sesi ini menjadi ajang berbagi pengalaman pengelolaan asrama, kendala yang dihadapi, dan langkah-langkah inovatif yang telah dilakukan. Acara dilanjutkan dengan sesi games. Internalisasi antarpengurus masing masing asrama semakin terjalin dari sesi yang penuh keseruan ini. Belum selesai sampai di sana, keseruan kegiatan studi banding ini berlanjut dengan acara tur kampus. Tutor Asrama ITB berkesempatan memandu Pengurus Asrama UPI untuk berkeliling Kampus Ganesha. 

 

Kegiatan studi banding ini merupakan salah satu program kerja Kepengurusan Asrama UPI. Melalui kegiatan ini Pengurus Asrama UPI berharap dapat menelaah program-program Asrama ITB yang berpotensi untuk diadaptasi. Fahmi, salah satu Pengurus Asrama UPI dari bidang kesekjenan berharap agar ilmu-ilmu yang diserap dari kegiatan ini apabila direalisasikan akan sesuai dengan ekspektasi. “Banyak hal-hal yang ingin diterapkan ke Asrama UPI setelah kegiatan ini,” imbuhnya.

 

Pengelola Asrama ITB, seperti Tutor, Asisten Asrama, dan Karyawan menyambut baik kegiatan ini. “Semoga tujuan masing-masing asrama dalam studi banding ini tercapai dan silaturahminya terjaga,” ucap Reinaldi, Koordinator Umum Asrama ITB Ganesha. 

 

Penulis: Bintang Prasetya Fernandika | PJ Media Komunikasi dan Informasi



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0