logoutama

Informasi | Berita



user

Kreativitas Tanpa Batas : Asrama Mengajar Kembali Dimulai di Semester Ini


Bandung, asrama.itb.ac.id - Kegiatan rutin dari Asrama ITB yaitu Asrama Mengajar dimulai kembali pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hari Minggu (25/10/2023) Asrama Mengajar dilaksanakan di seluruh Asrama ITB, mulai dari Asrama Jatinangor hingga Asrama Ganesha yang dilaksanakan di tiga tempat yaitu Asrama Sangkuriang, Asrama Kanayakan dan Asrama Kidang Pananjung. Asrama Mengajar dihadiri oleh anak-anak usia TK dan SD yang tinggal di sekitar asrama.

Asrama Mengajar menjadi salah satu sarana dalam mencapai tujuan Asrama ITB sebagai Leaving dan Learning Community. Kemampuan komunikasi dan sosialisasi terutama dengan anak kecil sangat diasah pada kegiatan ini. Sosialisasi adalah bagian yang penting dalam bermasyarakat, bagaimana cara kita berinteraksi dengan anak-anak peserta Asrama Mengajar akan melatih kita untuk bersosialisasi dengan baik.

Pada Asrama Mengajar pertama dalam semester ini, anak-anak diajak untuk melukis di atas tempat pensil.Tempat pensil ini disediakan oleh Asrama ITB yang selanjutnya akan dibawa pulang oleh para peserta. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk proses melukis dan setiap kelompok didampingi oleh para penghuni asrama yang mengikuti kegiatan ini.

Salah satu koordinator kegiatan, Fauzan Naashirulhaq mengatakan bahwa kegiatan Asrama Mengajar ini dapat menjadi wadah pengembangan bagi anak-anak di lingkungan sekitar asrama dan untuk para penghuni yang terlibat. 

"Kegiatan ini sangat menyenangkan karena kita bisa berinteraksi langsung dengan adik-adik lucu di tengah kesibukan kuliah. Kami berharap kegiatan Asrama Mengajar dapat secara progresif membantu perkembangan potensi anak-anak di lingkungan Asrama ITB, baik dari sisi motorik maupun daya kreativitas. Di samping itu, harapan kami, diadakannya Asrama Mengajar dapat menjadi kesempatan bagi para penghuni untuk terlibat dan berkontribusi kaitannya dalam hal sosial dengan masyarakat sekitar" ujar Fauzan

Penghuni dan tutor asrama yang terlibat merasa senang karena dapat berinteraksi dengan anak-anak di lingkungan sekitar asrama, "Seru banget karena adik-adiknya terlihat senang melukis, setiap aku tanya mereka melukis apa, mereka menjelaskan ide lukisan mereka dengan senang. Ada yg melukis kucing peliharaanya, sapi, pemandangan, dan banyak lagi. Saat ikut Asrama Mengajar terasa seperti refreshing gitu, karena bisa mendengar pikiran-pikiran anak kecil yang senang dengan hal yang sederhana. Harapannya semoga semakin banyak orang yang bisa terlibat dalam Asrama Mengajar, karena super asik",  ucap Maryam salah satu Tutor Asrama ITB. 

Kegiatan Asrama Mengajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar serta para penghuni Asrama ITB yang terlibat di dalamnya. Kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak-anak di sekitar Asrama ITB. Asrama Mengajar juga merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Asrama ITB. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi para penghuni untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar 

 

Penulis : Aulia Rizkiya Al Fadila, Kimia 2022, PJ Media, Komunikasi, dan Informasi



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0