logoutama

Informasi | Berita



user

Konseling Asrama ITB : Ajang Internalisasi Tutor dan Adik Konseling


JATINANGOR, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali mengadakan program konseling yang diselenggarakan pada rentang dua pekan sekali dimulai sejak tanggal 18 September 2023. Kegiatan konseling tahun ini dilakukan secara menyeluruh di Asrama Jatinangor secara luring ataupun secara bauran sesuai kesepakatan tutor sebagai kakak konseling dengan adik konselingnya. Kegiatan konseling perdana yang diselenggarakan pada rentang 18-24 September 2023 membuka rangkaian program konseling yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i Tahap Persiapan Bersama, penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K), dan penerima  Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) penghuni asrama. Program konseling dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada semester ini. 

Konseling merupakan salah satu program pembinaan yang dilakukan di Asrama ITB. Program ini merupakan wujud peran Asrama ITB dalam menyediakan wadah living and learning community. Nilai-nilai dasar pembinaan karakter Asrama ITB, yaitu adaptif, integritas, rendah hati, kepemimpinan-nasionalis, serta nilai-nilai lainnya diturunkan melalui program ini.

Program konseling ini juga bertujuan untuk memonitoring kondisi dan menanamkan nilai-nilai positif kepada adik konseling. Setiap konseling dilaksanakan kurang lebih selama dua jam, terdiri dari sesi pematerian dan sesi sharing. Kakak konseling menanyakan kondisi setiap adik konseling, meliputi kesehatan fisik, finansial, rohani, keluarga, dan akademik. Ini merupakan kesempatan bagi para adik konseling untuk dapat menceritakan kesulitan yang dialaminya untuk kemudian dapat diarahkan mengenai tindakan yang sebaiknya dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antar adik konseling maupun antara tutor dan adik konseling. 

Setiap kelompok konseling dapat terdiri dari hingga 30 orang adik konseling dan tiga orang tutor. Karena keseluruhan adik konseling berada di Kampus Jatinangor, tutor dari Asrama Ganesha dikerahkan juga untuk membantu tutor dari Asrama Jatinangor. Kegiatan konseling pertama merupakan ajang bagi para kakak dan adik konseling saling berkenalan satu sama lain. Tutor dan adik konseling menceritakan pengalaman mereka selama beberapa waktu menjalani perkuliahan. Pada sesi pematerian diberikan nilai-nilai pentingnya kejujuran dan self-awareness.

Kegiatan konseling kedua dilaksanakan pada rentang 20 September hingga 7 Oktober 2023 dengan materi yang dibawakan mengenai pentingnya bersosisalisasi dan kemampuan berkomunikasi sebagai seorang mahasiswa. Beberapa materi yang disampaikan di antaranya manfaat bersosialiasi, cara melatih skill bersosialisasi, jenis skill komunikasi, dan manfaat berkomunikasi.

Pekan ini, pada rentang 15-28 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan konseling ketiga yang membawakan materi sikap tanggung jawab dan amanah. Manfaat sikap tanggung jawab dan amanah serta implementasinya menjadi topik utama dalam sesi pematerian kali ini.

Tutor Asrama ITB dan adik-adik konseling menyambut baik kegiatan konseling ini. Games ringan dan atraktif yang dibawakan di sela sela pematerian menambah keseruan keberjalanan kegiatan konseling.

 

Penulis : Bintang Prasetya F | PJ Media Komunikasi dan Informasi



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0