logoutama

Informasi | Berita



user

Treasure Hunt di PT November Asrama ITB 2022


Bandung, asrama.itb.ac.id. – Asrama ITB terus aktif menurunkan nilai-nilai penting untuk menciptakan insan yang berkarakter. Salah satunya melalui Pembinaan Terpusat (PT) November yang dilaksanakan pada Minggu (27/11/2022) pukul 08.00-12.30 WIB di Kampus Ganesha dan Kampus Jatinangor ITB. Pembinaan diikuti oleh kurang lebih 800 mahasiswa/i TPB KIP-K dan penghuni asrama TPB.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana PT November 2022, ” Pembinaan terpusat November merupakan salah satu dari sekian rangkaian pembinaan di asrama ITB. Sasaran dari acara pembinaan ini adalah mahasiswa TPB KIP-K dan penghuni asrama TPB dengan tujuan menurunkan nilai critical thinking, creative thinking, growth mindset, dan communication skill. Keempat skill tersebut adalah kemampuan dasar yang kami rasa perlu untuk dimiliki mahasiswa TPB agar dapat beradaptasi dalam lingkungan perkuliahan yang baru dan juga memaksimalkan potensi dalam diri masing-masing”, ungkap Risna. 

Melanjutkan Kisah Negari Amreta pada PPKM lalu, PT November dimeriahkan dengan kabaret yang dibawakan oleh tutor dan penghuni. Para peserta/pendekar memiliki misi untuk mengumpulkan moonstone yang dapat menyelamatkan Negeri Amreta. Dengan konsep treasure hunt, peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang kemudian didampingi oleh satu orang mentor pendamping. Setiap kelompok akan melalui 4 pos yang masing-masing berisi games dan mengusung tema berbeda.

Pos pertama mengangkat tema “Berkomunikasi Lebih Baik dengan Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan dan Berbicara” dengan membawa nilai utama Communication Skill : “Speaking” and “Listening”.  Pada pos ini, peserta diberikan bekal untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan cara penyampaian yang unik lewat games tebak kata.

Pos kedua mengusung tema “How To Think Out of the Box with Brainstorming”. peserta diajak untuk mengaplikasikan creative thinking dalam menghadapi berbagai permasalahan baik dalam dunia perkuliahan maupun kehidupan sehari-hari. Setiap masalah atau situasi dapat dilihat dengan sudut pandang baru sehingga didapatkan solusinya. 

Dengan tema “Logical Fallacy dan Cara Memilah Informasi”, pada pos ketiga, peserta dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menarik kesimpulan. Peserta harus mampu berpikir jernih di tengah situasi yang tidak kondusif sekalipun untuk menemukan kesimpulan dan akhirnya menciptakan solusi untuk permasalahan.

Pada pos keempat, dengan tema “Cara Mengembangkan Diri dengan Menetapkan Tujuan dan Cara Merealisasikannya”,  peserta diminta untuk mengimplementasikan Growth Mindset dan merancang target pencapaian diri jangka pendek, menengah, hingga panjang serta langkah yang harus dilakukan. Setiap kelompok mendapatkan moonstone pada pos terakhir ini.

Kegiatan PT November kemudian ditutup dengan prosesi  penyatuan potongan-potongan Moonstone oleh perwakilan tiap kelompok sehingga kesejahteraan Negeri Amreta terus terjaga. "PT November sudah seru dan edukatif, dan pembagian pos-pos dan tema cerita yang dibawakan membuat acara semakin menarik. Banyak sekali inspirasi terutama tentang mindset yang saya dapat di sini. Semoga PT  bisa semakin kreatif dan menarik ke depannya", ungkap Irdya, mahasiswa SITH-R 2022.

Penulis: Iko Sutrisko Prakasa Lay, Matematika 2021, PJ Media Komunikasi dan Informasi 



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0