logoutama

Informasi | Berita



user

Pentingnya Kesehatan Mental, Tutor Asrama ITB Mengadakan Webinar Mengenai Mental Illness


Bandung, asrama.itb.ac.id. Tutor Asrama ITB adalah senior residence yang memiliki tugas membantu Asrama ITB dalam melaksanakan program-program pembinaan karakter bagi penghuni asrama. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, tutor perlu dibekali dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan. Sebelumnya, calon tutor telah mengikuti program pelatihan dan sudah terseleksi dengan kualifikasi tertentu. Saat ini, tutor-tutor dilatih lagi melalui program pengembangan baik itu hard skill, soft skill, maupun karakter.

Pelatihan Tutor diselenggarakan pada 17 September 2022 lalu dengan topik mengenai kesehatan mental. Kegiatan ini diadakan melalui webinar yang berjudul “We Heal : How to Recover from Mental Illnes” dengan pembicara yaitu Dra. Isriana, Psikolog. Pembicara merupakan Psikolog BK ITB yang tentunya sudah mengenal bagaimana karakteristik mahasiswa ITB. Webinar ini dihadiri oleh asisten dan tutor asrama ITB. 

Hal yang mendasari diadakannya webinar mengenai kesehatan mental adalah kebutuhan tutor akan pengetahuan mengenali dan merespons gejala yang mungkin saja terjadi baik itu terhadap dirinya maupun orang lain. Tutor bertugas menjadi konselor sebaya bagi mahasiswa TPB yang tinggal di Asrama. Di sisi lain, Tahap Pengenalan Bersama (TPB) merupakan waktu bagi mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 

“Tidak dipungkiri, setiap tahun, selalu ada mahasiswa TPB yang mengalami gejala-gejala mental illnes. Sebagai ujung tombak, tutor harus memiliki kemampuan dalam mengobservasi, melakukan pencegahan, dan memberikan pertolongan pertama bagi mahasiswa TPB yang mungkin akan mengalami gejala mental illness”, ungkap Ketua Pelaksana Pelatihan Tutor, Irma Septina Sitorus.

Setelah kata sambutan oleh ketua pelaksana, pembicara memulai pemaparan materi dengan menjelaskan mental health dahulu untuk memahami apa itu mental illness. Pembicara juga memaparkan jenis, gejala, serta cara untuk menolong orang-orang yang terkena mental illness. Sesi selanjutnya adalah tanya jawab. Peserta dapat bertanya secara langsung menggunakan fitur raise hand atau mengisi spreadsheet pertanyaan. Untuk bertanya lebih lanjut, tidak lupa juga pembicara memberikan kontak yang dapat dihubungi terkait materi webinar. Kegiatan ditutup dengan pemberian sertifikat dan dokumentasi bersama pembicara. 

“Kakak tutor harus menjaga diri sendiri terlebih dahulu sebelum menolong orang lain. Jika kondisi kurang fit maka jadikan dulu fit. Jadi dalam kondisi yang kurang baik maka perlu melakukan penyehatan diri. Ketika kalian mengarahkan adik-adik pun sudah membantu mereka,” tutup Isriana dalam webinar ini.

Penulis : Yohana Aprilianna, PWK 2021, PJ Media Komunikasi dan Informasi



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0