logoutama

Informasi | Berita



user

UPT Asrama ITB Lakukan Tour Edukasi 2019 ke Malaysia dan Singapura


BANDUNG, itb.ac.id – Unit Pelaksana Teknis Asrama Institut Teknologi Bandung melakukan kunjungan ke Malaysia dan Singapura dalam kegiatan Tour Edukasi 2019 pada 9-16 Januari 2019. Selain kunjungan, kegiatan tersebut juga diisi dengan diskusi bersama beberapa perguruan tinggi serta Lembaga Indonesia di kedua negara tersebut. Pertama kali dilaksanakan pada 2018, Tour Edukasi ini bertujuan untuk studi komparatif dari berbagai aspek yakni sosial budaya, entrepreneur, lingkungan, dan infrastruktur. Peserta dari kegiatan ini terdiri atas staf serta mahasiswa yang tergabung dalam Tutor UPT Asrama ITB dengan menggunakan dana mandiri dan bantuan dari unit lain di ITB seperti Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Ikatan Alumni Asrama. UPT Asrama ITB membantu keberjalanan kegiatan dari segi administrasi dan penyediaan fasilitas penunjang.




“Selain menjalin silaturahmi, kegiatan ini diharapkan akan memberikan banyak pengalaman serta ilmu yang sekiranya nanti dapat diterapkan di lingkungan kita,” kata Cahyo Widiantoro (Teknik Material, 2015) selaku ketua kegiatan. Pernyataan senada juga disampaikan Dr. Ir. Agung Wiyono Hadi Soeharno M.Eng., selaku kepala UPT Asrama ITB. Ia berharap mahasiswa dapat mengambil banyak pembelajaran dalam perjalanan edukasi ini.

Saat di Malaysia, kunjungan pertama dilakukan ke Universitas Putra Malaysia (UPM) sebagai penyedia akomodasi peserta. Setelah sebelumnya universitas ini mengunjungi Asrama ITB pada November 2018 lalu, kunjungan ini merupakan bentuk kunjungan balasan yang dilakukan agar dapat menjalin hubungan baik antara kedua pihak. Kegiatan di UPM diawali dengan acara sambutan dengan setelahnya dilakukan sesi diskusi dengan berbagai pihak asrama maupun universitasnya sendiri. Tour keliling kampus UPM juga dilakukan guna melihat berbagai hal termasuk sarana prasarana yang sekiranya nanti dapat diterapkan di Asrama ITB.



Selain kunjungan ke UPM, kunjungan juga dilakukan ke Universitas Teknologi MARA (UiTM) yang sebelumnya juga sudah mengunjungi Asrama ITB pada Agustus 2018. Kegiatan di universitas ini dibuka dengan kegiatan penyambutan yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait segala aspek yang berhubungan dengan kehidupan asrama.

Perguruan tinggi ketiga yang dikunjungi di Negara Malaysia adalah International Islamic University Malaysia (IIUM). Berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kali ini disambut langsung oleh Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana. Adapun mahasiswa tersebut tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia Cabang IIUM. Selain dilakukan tour keliling kampus, sesi diskusi juga dilakukan bersama mahasiswa tersebut. Adapun sesi diskusi tersebut meliputi bagaimana mahasiswa tersebut berkehidupan disana sebagai warga negara indonesia. Hal ini juga mencakup berbagai aspek salah satunya kajian perbandingan budaya mahasiswa dari dua negara.



Tidak hanya kunjungan ke perguruan tinggi, dalam kegiatan ini juga dilakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia. Melalui kunjungan tersebut dapat mengetahui kondisi Indonesia di ranah internasional serta kondisi Warga Negara Indonesia sendiri yang berada di negara tersebut.

Sementara di Singapura, kunjungan dilakukan kedua perguruan tinggi, yakni ke Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS). Hasil dari semua kegiatan ini akan dirangkum menjadi sebuah tulisan oleh UPT Asrama ITB untuk kemudian ditelaah lagi kedepannya hal-hal yang bisa direalisasikan di lingkungan Asrama ITB.

-- Irfan Ibrahim



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0