logoutama

Informasi | Berita



user

Menyebar Semangat di Tengah Pandemi, Asrama Jatinangor Mengadakan Sharing Tutor


Bandung, asrama.itb.ac.id – Semakin besar seseorang atau wadah, pada ujungnya tentu memiliki batasan yang nyata. Begitupun dalam hidup, batasan atau limit merupakan sesuatu yang pasti dan bersifat dua arah, jelas Abdu Ravi Zakaria saat menjadi pembicara Sharing Tutor Asrama ITB pada Minggu (7/3) lalu. “Sebelum kita melampaui limit yang ada dalam kehidupan kita, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui limit dari diri sendiri di mana hal itu tidak dilakukan dengan hanya menunggu atau diam, melainkan dengan melakukan eksplorasi, membuat hubungan baik dengan yang lain, dan juga tetap konsisten dengan apa yang telah menjadi tujuan” ungkapnya. 

Ia berdiskusi, bahwa agar membuat sesuatu lebih menarik untuk dijalankan adalah dengan mengasumsikannya seperti game di mana setiap quest mengandung tantangan yang harus diselesaikan. Ia juga menyinggung bahwa game yang kenyataannya lebih sederhana dan terbatas saja didesain sedemikian rupa agar memiliki tujuan, maka kita yang hidup di dunia nyata yang notabenenya jauh lebih luas lagi batasannya juga harus memiliki kemampuan yang bahkan lebih baik dalam menetapkan tujuan.

Lebih lanjut, Abdu Ravi Zakaria memaparkan bahwa purpose, tujuan, always comes up with problem, selalu datang dengan permasalahan. Deskripsi singkat dan padat ini harus kita pahami dengan benar melalui tiga paradigma dasar, yaitu dengan mendefinisikan masalah sebagai sesuatu yang wajar dan akan selalu menyertai kita selama kita memiliki tujuan ataupun keinginan, masalah sebagai wadah agar kita dapat berkembang, dan masalah sebagai indikator dari konsistensi yang kita miliki. Dengan memahami paradigma tersebut, kita pada waktunya akan sadar mengenai satu stage penting sebelum menuju kondisi beyond the limit, yaitu know your limit.

Tahapan know your limit tidak dilakukan dengan berdiam diri dan merenung saja, melainkan juga dibarengi dengan mengeksplorasi dan membuat banyak pengalaman dari setiap kesempatan yang terbuka. Namun sayangnya, kesempatan tidak dapat kita raih jika kita tidak memiliki hubungan dengan siapapun atau apapun. Sehingga untuk membuat kesempatan yang baik, kita didorong agar dapat berteman, bekerja sama, dan membangun hubungan yang baik dengan yang lain. Dalam proses tersebut, pengalaman yang pernah kita rasakan akan memberi gambaran dan informasi penting mengenai kendala dan batasan dari diri kita dan pada akhirnya kita diberikan dua pilihan yaitu apakah kita akan stuck pada batasan tersebut ataukah kita berusaha untuk melampauinya.

Beyond the limit, melampaui batasan, dapat kita awali dengan sesuatu yang dekat dengan definisi tersebut dan dekat dengan diri kita, yaitu pikiran kita, yang perlu dilebihkan, tak lain adalah overthinking. Overthinking di sini bukan berarti kita terlalu merumitkan masalah-masalah yang ada sehingga menjadi sesuatu yang lebih runyam dan sulit untuk diselesaikan, namun sebaliknya, karena pada dasarnya kita tengah bergerak menuju beyond the limit, maka usaha kita pun harus jauh lebih tinggi dan di luar batasan lagi yaitu dengan mengupgrade overthinking kita menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bermanfaat dengan terus bertanya, berusaha mencari jawaban, dan terakhir yaitu dilengkapi dengan just do it! Jangan hanya diam saja dan menjadi pusing sendiri!

Penulis: Tim Kominfo Tutor Asrama ITB Jatinangor



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0