logoutama

Informasi | Berita



user

Mata Kuliah Pendidikan Karakter sebagai Wadah Pengembangan Diri Tutor Asrama ITB


Bandung, asrama.itb.ac.id - Generasi muda menjadi salah satu ujung tombak kemajuan bangsa Indonesia. Pemuda sebagai penggerak dan penentu arah kehidupan bangsa harus memiliki perilaku dan akhlak yang baik serta kepribadian yang berkarakter. Atas dasar itulah mata kuliah KU4093 Pendidikan Karakter dengan bobot 3 SKS diadakan di lingkup pendidikan Insitut Teknologi Bandung. Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada mahasiswa yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Sejauh ini, mata kuliah Pendidikan Karakter diikuti oleh Tutor Asrama ITB dan penghuni asrama non-TPB (Tahap Persiapan Bersama). Dalam pelaksanaannya, penanaman karakter yang diberikan mencakup pengetahuan dalam pengenalan dan manajemen diri serta penerapan keilmuan kepada masyarakat berdasarkan kriteria pendidikan karakter.

Penerapan keilmuan ini diaplikasikan melalui project berbasis masyarakat yang memberikan dampak positif bagi keberjalanan kehidupan. Project diberikan kepada 6 kelompok dengan tema yang berbeda-beda. Pada Selasa (10/12/2019) dilaksanakan presentasi akhir project yang telah diselesaikan dengan 3 dosen penguji yaitu Agung Wiyono, Epin, dan Taufik. Pelaksanaan presentasi akhir ini dilakukan di Auditorium Campus Center Timur ITB pukul 13.00-17.00.

Project yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. Salah satu kelompok dengan tema budaya santun dalam projectnya menghasilkan sebuah lagu berjudul "Budaya Santun". 5 nilai budaya santun yaitu, senyum, sapa, salam, sopan dan santun tercermin melalui lirik lagu ini. Selain lagu "Budaya Santun" yang diciptakan oleh Eunico Victor, salah satu peserta mata kuliah KU4093 Pendidikan Karakter sekaligus Tutor Asrama Kidang Pananjung, project ini juga menghasilkan output berupa kalender yang tertanam nilai-nilai budaya santun dengan desain yang menarik. 

ITB sendiri menanamkan pendidikan karakter dalam proses perkuliahan secara implisit. Melalui sistem dan lingkungan perkuliahan di ITB, para mahasiswa diharapkan bisa menjadi pribadi yang memiliki nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, dan nilai-nilai pendidikan karakter lainnya. 
"Sebagai sebuah instansi pendidikan terkemuka, saya amat yakin bahwa ITB akan terus berada di garis depan untuk membangun karakter generasi penerus. Sangat besar harapan saya agar ITB terus berjuang menjadi entitas pendidikan yang imbang, berkualitas, dan produktif," ujar Ir. Theodore Permadi Rachmat dalam pidatonya pada peringatan ke-99 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia (PTTI) di Aula Barat ITB, dikutip dari kontan.co.id.

Mata kuliah KU4093 Pendidikan Karakter hadir untuk menanamkan pendidikan karakter bagi para mahasiswanya secara langsung melalui pembelajaran secara formal di kelas, khususnya bagi penghuni asrama.

-- Chikmah



Daftar Berita

PT Februari 2024 : “Berpikir Berkarya Untuk Indonesia”
01 Maret 2024, at 10:31 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Asrama ITB kembali ...

'Gathering Get Soul' Asrama ITB: Ciptakan Kekompakan dan Suasana Ceria antar Tutor Asrama
22 Februari 2024, at 17:34 WIB

Bandung, asrama.itb.ac.id – Bida...

LPJ Tengah Tahun Tutor Asrama ITB : Langkah Awal Perbaikan Kualitas Kinerja Tutor Asrama
20 Februari 2024, at 21:38 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id - Laporan Pertanggung...

Mempersembahkan Penghargaan: Tutor Asrama Sambut Kelulusan Alumni dengan Syukuran Wisuda
10 Februari 2024, at 20:23 WIB

BANDUNG, asrama.itb.ac.id. - Sebagai bentuk apr...





Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan Asrama ITB.
Hak Cipta © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0