Informasi | Berita



user

Tiga Asrama ITB Melaksanakan Pembinaan Terpusat Desember yang dibungkus dengan keseruan Malam Keakraban


BANDUNG, asrama.itb.ac.id—Unit Pelaksana Teknis Asrama Institut Teknologi Bandung (UPT Asrama ITB) kembali menyelenggarakan Pembinaan Terpusat (PT) pada hari Minggu, 9 Desember 2018. Namun PT kali cukup berbeda karena tidak dilakukan di satu tempat melainkan di asrama masing-masing. Selain itu PT kali ini dikolaborasikan dengan Malam Keakraban (Makrab) di tiap asramanya (PTxMakrab).

PT Desember 2018 mengusung tema "The Outliers: Story of Success" dengan nilai-nilai yang ingin diterapkan yaitu Prestasi, Humble dan Integritas. Karena dilaksanakan di tiap asrama konsep acaranya pun dibuat tidak seperti biasanya dimana tidak mata acaranya tidak terdapat pembicara tapi dibuat permainan-permainan yang memiliki esensi sesuai dengan nilai yang akan diterapkan.

Di Asrama Kidang Pananjung (KP) dan Asrama Kanayakan (KN) terdapat 5 permainan yang dibuat 5 pos yang terdiri dari permainan telepati, tebak kata, pesan berantai, susun puzzle dan permainan seberapa kenal aku. Setiap satu permainan di suatu pos akan dilakukan oleh 3 kelompok dan jika permainan selesai 3 kelompok tersebut akan berpindah ke pos berikutnya dan melakukan permainan sesuai pos tersebut begitu seterusnya hingga semua kelompok sudah bermain di semua pos.

Untuk Asrama Sangkuriang (SA) memiliki sistem yang sama namun permainan yang diberikan lebih banyak yaitu 7, yang menarik pada permainan di SA adalah ketika suatu kelompok memenangkan permainan dari satu pos maka akan mendapatkan hadiah bisa berupa bola air atau tembak-tembakan. Semua hadiah yang didapat saat permainan akan digunakan untuk sesi setelah permainan yaitu perang air. Setelah acara siang yang dilaksanakan dari pukul 13:00 hingga pukul 17:30 para penghuni asrama pun istirahat dan acara dilanjutkan ke makrab yang dilaksanakan setelah shalat isya.

Pada acara malam keakraban setiap asrama memiliki konsep masing-masing tapi tidak terlepas dari tema utamanya yaitu "The Outliers: Story of Success". Semua asrama memiliki acara yang tidak jauh berbeda seperti adanya performance, game kahoot dan juga awarding untuk penghuni dan tutor. Untuk Asrama Sangkuriang terdapat sesi acara api unggun yang dilaksanakan di lapangan apel belakang gedung C dan pada sesi api unggun terdapat orasi, tari dan juga nyanyi bersama.

Untuk acara pada siang hari semua acara diurus langsung oleh tutor setiap asrama karena agar nilai yang disampaikan agar sama untuk setiap asrama. Sedangkan untuk acara makrab kabinet asrama yang menjadi panitia dan tutor hanya menjadi pengawasnya. Acara PTxMakrab ini dibuat sebagai wadah untuk mendekatkan diri dan sebagai hiburan di sela-sela ujian akhir semester.

-- Diki Supriyadi



Untuk komunikasi via telepon, kami hanya menggunakan nomor di atas dan tidak bertanggung jawab atas segala kontak selain yang disebutkan dengan mengatasnamakan UPT Asrama ITB.
Copyright © 2018-2019 asrama.itb.ac.id — v.2.0